Silent Readers?? Go Away!!

Maaf kalau saya terpaksa lagi buat bikin postingan tentang Silent Readers.

Saya cuma mau ngasih tau, gimana sih perasaan seorang author yang dibaca fanfictionnya tanpa diberikan comment sedikitpun sama readersnya.

Coba deh kalian rasain perasaan author.
1. Berpikir untuk membuat alur cerita menjadi masuk akal
2. Membuat sebuah alur cerita yang menarik dan tidak membosankan untuk dibaca
3. Membuat percakapan/dialog di dalam fanfiction itu
4. Membuat kata-kata penjelasan yang unik namun mudah dimengerti
5. (plus) Kalau ada author yang capek-capek ngedit foto demi fanfictionnya

Capek? SANGAT CAPEK.

Walaupun (jujur) saya membuat fanfiction karena sudah menjadi “hobi” yang menurut saya sangat mengasyikkan, tapi tentu aja saya nggak mau menghasilkan karya itu dan akhirnya sia-sia karena tidak ada yang memberikan apresiasinya sedikitpun!

Sakit hati? TENTU.
Diibaratkan gini deh.
Kalian disuruh sama guru kalian untuk ngerjain tugas merangkum sebuah buku yang tebalnya bisa sampai ratusan.
Kalian semalaman suntuk ngerjainnya, sampai-sampai makan pun terlewat demi membuat guru bangga terhadap diri kalian.
Setelah kalian mengerjakannya, kalian mengumpulkannya kepada guru.
Guru membacanya dan mengembalikan lagi kepada kalian tanpa memberikan nilai atau komentar apapun. Gimana perasaannya? Sakit hati, marah, kecewa, ngambek, ataupun yang lainnya. ITU SEMUA PASTI ADA!
Merasa tidak dihargai kan?
Dan itu pula yang dirasakan oleh author yang fanfictionnya dibaca namun tidak diberi komentar samasekali.

Baiklah, saya akan menjelaskan sesuatu agar postingan ini menjadi masuk akal di pikiran kalian.

Saya punya lumayan banyak fanfiction di blog ini, dan tentu aja ada beberapa yang dikomentari (dan saya berterimakasih banyak kepada readers yang telah berkomentar)
Kalau emang ada beberapa reader yang udah pernah komentar dan kembali membaca fanfiction yang telah dikomentarinya itu, it’s okay! Nggak ada masalah.
Tapi kalau saya nge-post fanfiction baru dan yang ngebaca ternyata banyak namun nggak ada satu pun comment yang masuk. Itu membuktikan kalau ada Silent Readers! Apalagi kalau baru 1 hari dipost dan yang ngebaca udah sampai 30-an lebih dan comment tetap 0! -..- huh

Dan kalaupun kalian membaca fanfiction yang menurut kalian alur ceritanya kurang seru. Itu bukan berarti kalian tidak bisa mengomentarinya! Memangnya menurut kalian, kalian harus berkomentar di sebuah fanfiction yang menurut kalian alur ceritanya yang bagus saja?
Kalian bisa berkomentar tentang kekurangan fanfiction itu. Dari segi karakter ataupun alur ceritanya sendiri. Asalkan masih menggunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung siapapun, kalian boleh mengutarakan itu semua.

Hmmm, kalau untuk masalah yang error nggak bisa comment lewat handphone.
Kayaknya itu wallahualam deh, saya juga nggak bisa mengoreksi atau menyalahkan siapapun.
Tapi yang jelas, kalaupun kejadian itu terjadi sama salah satu diantara kalian para readers, jangan dijadikan alasan! Usahakan kalau sudah online di komputer atau semacamnya, kalian bisa ingat untuk berkomentar.

SAYA SEDIH WAHAI SAUDARA-SAUDARA!
SAYA KECEWA! SAYA MARAH! ;_____; ergh.. (untung itu ada Donghae yang nenangin #plak Y___Y)

Awalnya saya kesel naudzubillah serasa pengen nutup blog ini.
Tapi mau bagaimana lagi? Saya udah terlanjur jatuh cinta sama dunia fanfiction ini ._.

Lalu bagaimana? Atau saya harus memprotect semua fanfiction di sini? Apa iya harus kayak gitu?
Please hargailah jerih payah saya sedikit, atau lebih tepatnya hargailah jerih payah semua author dari semua fanfiction yang pernah kalian baca namun tidak diberi komentar sedikitpun.

Tapi saya mau berterimakasih dulu sama :

1. Dila (Fadhila Mustafa)
2. KimBiaYesung
3. Anita Minhyo Minstal / Hyominstal
4. …iiii / wewew / rereer (Meisya Aurora)
5. qweqwe (Hafif Aulia)
6. Diah DingDong
7. 2min_
8. FiraEffects (Saphira Choi)
9. key-ara
10. rahidakyumong
11. claudiadem
12. Na / nuralifa
13. qinqin
14. RhyTaeLli
15. Shinstarkey♥Dynamic
16. mini
17. sarangchullpa92
18. Light
19. Sooyoungster
20. nana sonelf
21. gorjess_spazzer
22. nea
23. putri***
24. MisaMin
25. Sahl-Lin
26. nadiafm99
27. sashaaa
28. chan
29. whuthismeaning
30. lutfy
31. It’s me
32. nDa / Minstal Seokyu Lovers / ndaminstalseokyu (Winda)
33. nurffanychoihwang
34. radita (Dita Radita)
35. elsyra
36. Ree-Kwon
37. Na (Marchgirl)
38. andin
39. you-youn
40. choi yui
41. t_yoll
42. hajarnana11
43. YoonKi
44. medii21
45. CitraSiFany
46. jinkibum
47. putri amalia ✔
48. sicachutez0393
49. yuki love f(x)
50. hidayatulfaizah
51. rena-crystal
52. heeRin-ah
53. guardiaNietha
54. Yohohoho
55. Haku Rionkeyazawa / asianfanficdays
56. Nisa
57. Someone Else
58. zayyan najla
59. rarajournal
60. ffyadong
61. duodanshin
62. auliahafizah
63. raeheeword
64. fidhasoo
65. dinda
66. Daraa Tripleshawol
67. enno-fanytastic
68. richannyda
69. Tiffany Hwang (Befiputri)
70. Mrs. Lee Hye Bin
71. Heevitator
72. Elsa Stella Nova

Di atas itu adalah username dari beberapa readers yang pernah comment di sini.
72? Banyak kah? Atau kurang banyak? ._. Tapi saya SANGAT berterimakasih kepada mereka yang pastinya x)
Menurut saya itu sudah banyak. (Terus kenapa authornya masih uring-uringan ngurusin silent readers kalau udah punya readers banyak kayak gitu?)
Ya nggak mungkin dong kalau saya nge-post cerita baru dan tidak ada yang berkomentar karena saya nggak lagi ngurusin silent readers? itu kan hal yang MUSTAHIL -_-

Ehmm…
Walaupun ini terdengar maruk atau tidak bersyukur dengan komentar yang telah para readers berikan.
Tapi please ya, untuk readers yang benar-benar mengerti jerih payah author.

Tolong berikan comment yang BERBOBOT

untuk menyemangati authornya. Entah itu untuk melanjutkan ke chapter selanjutnya (kalau yang dikomentari fanfiction chapter) atau untuk membuat yang lebih seru dan bagus lagi (kalau yang dikomentari fanfiction oneshot)
Sekali lagi maaf kalau terdengar memaksa dan menyebalkan, tapi komentar-komentar berbobot dari kalian benar-benar dibutuhkan ><

Oh iya, adakah yang mau bekerja sama untuk mengisi pages “Affiliates” di blog ini?
Jadi maksudnya gini loh, kalian promote blog ini, terserah mau pake cara apa. Nah, nanti untuk orang-orang yang udah promote blog ini, link blog miliknya bakalan ditaruh di pages “Affiliates”. Ngerti nggak?

Dan satu lagi, ada nggak yang punya fanfiction terbengkalai/nggak dilanjutin/malu untuk diposting?
Kalian bisa sharing sama saya, boleh lewat facebook | twitter | formsping | WordPress
Siapa tau kalian mau minta pendapat atau sekedar meminta saya untuk me-review fanfiction kalian.
Yang tertarik untuk memposting fanfiction milik sendiri di sini juga boleh kok, tanya-tanya aja ke beberapa account di atas :)

Kamsahamnida yeoreobun ~ ^^
Have a nice day!

76 thoughts on “Silent Readers?? Go Away!!

DON'T BE SILENT READER! Leave your comment :)

